Sunday 3 February 2013

16x2 LCD BASIC MODUL

Modul LCD 16x2  merupakan suatu display yang digunakan untuk menapilkan suatu karakter yang diberikan oleh sistem, dalam hal ini sistem yang meberikan informasi adalah mikrokontroler.  Untuk berkomunikasi dengan mikrokontroler, LCD berdasarkan panjang datanya mempunyai dua buah metode antarmuka, yaitu antarmuka 4 bit dan antarmuka 8 bit. 

Pada metode antarmuka 8 bit, data yang ditulis atau dibaca oleh mikrokontroler ke/dari LCD dilakukan dalam sekali proses.  Sedangkan untuk metode antarmuka 4 bit, penulisan atau pembacaan dilakukan sebanyak dua kali untuk 8 bit data.  Antarmuka LCD 4 bit diatur pada mode penulisan data, dengan menghubungkan kaki R/W ke GND. Dengan metode 4 bit, penggunaan port I/O pada miktokontroller dapat dikurangi sehingga port dapat digunakan untuk proses I/O yang lain.









Dalam rangkaian ini, terdapat trimpot (trimmer potensiometer) dengan nilai sebesar 10KΩ.  Fungsi dari trimpot tersebut digunakan untuk mengatur contrast dari karakter yang ditampilkan pada LCD.  Jangan lupa untuk memperhatikan konfigurasi pin I/O dari LCD di program yang akan dibuat.

Untuk file eaglenya dapat diunduh (Google drive)

Semoga Bermanfaat.

Nina Dee

Author & Editor

Not an expert, just a hobby. Catatan untuk kita semua yang mungkin sedang membutuhkan.

Related Post

16x2 LCD BASIC MODUL
4/ 5
Oleh

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>